Ysfksh's Blog

panduan spek komputer

Posted on: January 20, 2010

Panduan Memilih Spek & Belanja Komputer sesuai Kebutuhan

Hasyim, M, ST

Panduan & Teknik Membeli sebuah PC Bekas

Hasyim, M, ST

Jan 11 |01:17

Kebutuhan dan keinginan untuk memiliki sebuah PC sering timbul juga di dalam lapisan masyarakat yang memiliki sedikit persiapan budget untuk di anggarkan membeli seperangkat PC, maka hal ini sering membawa masyarakat untuk memilih dan membeli sebuah PC bekas dengan harga yang relative lebih murah dibandingkan sebuah PC yang baru. Tetapi ketidaktahuan dan kurangnya informasi pada masyarakat tentang hardware dan performance sebuah PC sering di manfaatkan oleh pedagang-pedagang komputer bekas untuk meraih keuntungan yang besar.

Alangkah meruginya masyarkat membeli sebuah spek PC bekas dengan harga yang sebenarnya sama dengan membeli sebuah PC baru dengan spek yang sama dengan sebuah PC bekas tersebut. Dan ditambah lagi dengan tidak adanya garansi terhadap setiaphardware – hardware nya yang mungkin tidak menjamin umur sebuah PC bekas tersebut sampai satu tahun sudah sering mengalami kerusakan-kerusakan yang harus mengeluarkan budget lagi untuk mengganti atau memperbaiki peralatan yang rusak.

Penulis pernah membaca sebuah iklan computer sebagai berikut ;

“ Dijual cepat BU computer Pentium IV, monitor 17”, RAM 256 Mb, Hdd 40Gb,bisa nonton DVD, MP3 dan main games, harga…..hub……”.

Bisanya masyarkat hanya tertarik dengan kemampuan PC tersebut untuk bisa nonton DVD, mendengarkan lagu-lagu MP3 dan bermain game saja tanpa mengetahui spek & merkhardware yang digunakan pada jenis PC tersebut. Padahal untuk kelas performance PC jenis Intel Celeron pun dengan harga yang relative murah sudah bisa memenuhi keinginan masyarakat untuk melakukan aktivitas menonton DVD, mendengarkan lagu-lagu MP3 dan bermain games standart. Tetapi masyarkat sering tertipu dengan membeli jenis PC yang ditawarkan pada iklan tersebut yang mempunyai kelas performance Intel Celeron dengan harga yang sama apabila membeli jenis PC baru dengan performance yang sama. Untuk itu Penulis pada bab ini akan memberikan beberapa tip dan cara untuk memilih dan membeli sebuah PC bekas agar tidak mudah tertipu oleh pedagang-pedagang PC bekas yang nakal, yaitu;

1. Membandingkan budget dengan harga sebuah PC yang baru, Sebelum membeli sebuah PC bekas sebaiknya pengguna komputer menanyakan terlebih dahulu harga spek item hardware PC yang di inginkan pada toko penjual PC baru. Apabila untuk membeli spek PC baru yang di inginkan harus menambah sedikit ektra budget dibandingkan dengan membeli PC bekas, maka sebaiknya rela menambah sedikit budget untuk memperoleh spek PC baru yang jelas kualitas dan garansinya.

2. Membuat List Item Hardware yang Dibutuhkan, Hal ini sama dengan cara saat ingin membeli sebuah PC baru yang harus membuat list terhadap setiap item hardware yang di inginkan, tetapi pada sebuah PC bekas tidak bisa menentukan merk dan kapasitas yang di inginkan, melainkan harus lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan merk serta kapasitas yang sudah ada pada PC bekas tersebut. Misalnya ingin membeli PC Intel Pentium IV 3.0 GHz dengan RAM 512 Mb dan Harddik 100 Gb, tetapi yang tersedia dalam PC bekas Intel Pentium IV 3.0 GHz dengan RAM 256 Mb dan Harddisk 80 Gb. Jika toko yang menjual PC bekas tersebut mempunyai stock untuk RAM 512 Mb dan Harddisk 100 Gb tidak akan ada masalah untuk menggantinya tetapi bila toko tersebut tidak memiliki stock barang maka pembeli PC harus terima kondisi hardware yang tersedia tersebut.

3. Mengecek Spesifikasi Item Hardware, Apabila sudah tertarik dengan PC yang ditawarkan, maka langkah selanjutnya adalah mengecek kelengkapan setiap item yang telah di tawarkan, seperti monitor, chasing yang lengkap didalamnya berisi item hardware yang sesuai dengan list penawaran dan keyboard + mouse nya. Apabila pada PC sudah ada OS Windows terpasang, maka bisa dilihat di system properties dan semua kelengkapan hardware di device manager.

4. Cek Kebenaran Clock Speed PC yang ditawarkan, Untuk menghindari kecurangan dan penipuan yang terkadang dilakukan oleh penjual PC bekas terhadap Clock Speed sebuah PC dengan cara overclocking, maka pembeli harus mengecek kebenaran Clock Speed dari sebuah PC bekas tersebut dengan langkah pilihan  sebagai berkut;

  • Menyesuaikan nilai clock speed yang ditawarkan dan misalkan PC tersebut Intel Pentium IV 3.0 GHz.
  • Lakukan booting pada PC atau hidupkan PC sambil menekan tombol “Del” pada Keyboard untuk membuka BIOS Setup PC.
  • Akan muncul beberapa menu pilihan pada BIOS setup dan pilih menu “Load Fail-Safe Default” ataupun yang sejenis yang digunakan untuk men-setting sysytem BIOS pada standart setup default yang digunakan pada motherboard yang terpasang.
  • Langkah selanjutnya pilih menu “Save and Exit Setup” Untuk menyimpan setiap perubahan yang terjadi pada konfigurasi BIOS setup.
  • Atau untuk lebih menyakinkan lagi kebenaran dari CPU clock maka sebaiknya melakukan cara Clear CMOS/BIOS, dengan mencabut baterai CMOS yang ada pada motherboard lalu pasang kembali pada tempatnya.
  • PC akan melakukan Booting atau restart ulang, dan tolong diperhatikan saat PC booting apakah benar terbaca dan keluar tulisan “CPU = Intel ( R ) Pentium ( R ) Processor 3.0 GHz”, dan apabila benar sesuai dengan penawarannya maka sudah terbukti spesifikasi clock speed nya.

5. Pengecekan Kualitas pada setiap Hardware Sebelum memastikan untuk membayar PC bekas yang sudah dipilih, sebaiknya dilakukan pengetesan pada masing-masing item hardware yang ada di dalam chasing (seperti motherboard, prosesor, memory, dll), monitor dan keyboard+mouse nya agar pembeli tidak merasa seakan membeli “kucing di dalam karung” dengan cara melakukan tes sebagai berikut;

  • Motherboard ;
  1. Pastikan saat booting PC membaca dan tertulis merk serta type motherboard sesuai dengan yang ditawarkan.
  2. Pada saat booting tekan tombol “Del” untuk masuk ke menu BIOS Setup dan pilih “Standart CMOS Setup” dan pastikan setting tanggal dan jam sesuai dengan saat PC itu dinyalakan, kemudian cek dan pastikan harddisk serta CD Room terbaca dan tertulis sesuai merk yang ditawarkan. Ini buat menandakan bahwa fungsi ROM dan baterai CMOS pada motherboard berfungsi dengan baik.
  • Processor
  1. Pastikan saat booting PC membaca CPU Clock sesuai dengan nilai processor yang ditawarkan.
  2. Sebuah PC tidak akan hidup saat booting apabila terjadi masalah atau kerusakan pada processor. Jadi apabila PC berjalan dengan normal maka dapat dikatakan processor dalam kondisi baik.
  3. Patikan HSF (Headsink Fan) yang menempel di atas processor berjalan dengan normal dan tidak mengeluarkan suara yang berisik.
  • Memory Utama/RAM
  1. Pastikan saat PC awal booting membaca posting test memory sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan oleh penjual PC bekas. Misalnya yang ditawarakan jumlah memory nya 512 Mb, maka pastikan saat PC melakukan posting test tertera kapasitas memory sebesar 512 Mb juga.
  2. Apabila PC sudah ada sebuah OS seperti Windows yang bisa dijalankan, maka biarkan PC tersebut menjalankan OS sampai pada menu jendela Windows, lalu jalankan beberapa aplikasi yang ada pada Windows tersebut kurang lebih 10 menit dan apabila tidak terjadi hang atau blue screen (dumping) maka dapat dinyatakan bahwa memory utama dalam keadaan masih bagus.
  • Harddisk
  1. Lakukan fungsi “Scandisk” dengan embooting PC menggunakan cd OS win98 dan jalankan perintah “d:\scandisk c:”. dan apabila proses scan berjalan dengan baik tanpa ada error atau tanda bad sector pada harddisk maka dapat dinyatakan bahwa harddisk masih dalam kondisi yang baik.
  2. Untuk lebih menyakinkan lagi maka dapat dilakukan dengan men-format harddisk tersebut dengan cara, botting PC dengan menggunakan cd OS Win98 dan jalankan perintah “d:\format c:”. apabila proses format berjalan dengan lancar dan kapasitas harddisk terbaca sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan, maka dapat dikatakan bahwa harddisk dalam kondisi yang baik. Sebab biasaya harddisk apabila dalam kondisi bad sector selalu member tahukan tempat track yang terdapat bad saat format berlangsung.
  • Display Adaptor atau GPU
  1. GPU dapat dilakukan tes saat PC sudah masuk dalam system OS yang ada seperti Windows, yaitu dengan cara “klik kalan mouse pada desktop dan pilih menuproperties ”, lalu pilih & klik menu setting yang ada di bagian atas tab menu display, dan klik menu Advanced lalu pilih & klik menu adaptor yang ada dibagian tab bagian atas display. Di menu adaptor ini akan di tampilkan type, merk dan kapasitas memory display adaptor yang dipakai oleh PC bekas tersebut.
  2. Untuk mengetes kualitas sebuah display adaptor adalah dengan mecoba menggunakan PC untuk program aplikasi pengolahan gambar dengan resolusi tinggi dan bermain game-game berbasis 3D yang beresolusi tinggi. Dan apabila gambar atau game tersebut grafiknya tidak patah-patah maka dapat dikatakan bahwa GPU dalam kondisi bagus.
  • Sound card
  1. Dapat di tes suaranya saat masuk system OS windows dan menjalankan aplikasi multimedia seperti winamp, jet audio, dll. Apabila di dukung dengan speaker aktif yang bagus maka akan menhasilkan suara yang bagus dan jernih.
  • DVD Room dan CD Room
  1. Jalankan  CD atau DVD keping bootable OS Win 98 atau XP yang bagus saat booting PC, dan apabila cd booting tersebut berjalan dan berfungsi  dengan baik maka dapat dinyatakan DVD Room dan CD Room dalam kondisi yang bagus.
  2. Gunakan keping DVD atau CD film yang bagus untuk memutar movie dalam OS window dan apabila movie dapat berjalan dengan baik dan gambar tidak patah-patah maka dapat dinyatakan juga DVD dan CD Room sudah berfungsi dengan baik.
  3. Untuk mengetes kemampuan menulis sebuah CD Room atau DVD Room,maka gunakan salah satu aplikasi copy data CD atau DVD Room seperti Nero untuk mengcopy suatu data atau film ke dalam kepingan CD R atau DVD R. dan apabila CD atau DVD Room bisa menjalankan Copy data tersebut dengan baik, maka sudah lengkap fungsi dari CD Room dan DVD Room telah berjalan dengan baik.
  • Keyboard
  1. Gunakan aplikasi pengolahan kata seperti WordPad atau Microsoft Word untuk menampilkan setiap huruf yang di tekan dari tombol keyboard, dan apabila semua tombol yang di tekan tampak pada layar kerja aplikasi pengolahan kata tersebut maka dapat dinyatakan semua tombol keyboard sudah berfungsi dengan baik.
  • Mouse
  1. Apabila saat memasuki OS Windows kurser mouse dapat bergerak normal dan tidak loncat-loncat sendiri serta dapat digunakan meng-klik setiap aplikasi yang di inginkan, maka sudah membuktikan bahwa mouse telah berfungsi dengan baik.
  • Chasing
  1. Pastikan bentuk dan kondisi chasing dalam keadaan yang masih bagus tanpa ada cacat fisik karena terkena benturan atau jatuh.
  2. Patikan tombol power dan reset berfungsi dengan baik serta lampu-lampu pada chasing menyala dengan normal.
  3. Pastikan juga di dalam chasing terdapat minimal 3 fan atau kipas yang terpasang dan masih berfungsi dengan baik tanpa mengeluarkan suara yang berisik.
  • Power Supply
  1. Pastikan power supply minimal menggunakan 350 Watt.
  2. Pastikan semua konektor power supply berfungsi baik dengan memasang pada device seperti harddisk atau CD Room dan berjalan dengan normal.
  3. Hindari penggunaan Fan power supply yang terlalu berisik, karena menandakan kalau fan tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik.
  • Monitor
  1. Perhatikan fasilitas yang disediakan oleh monitor, seperti : menu display (brightness, contrast, H-V position, pengaturan warna, dll), menu tambahan (degauss, self test, dll). Semakin komplit menunya akan semakin baik dan beruntung.
  2. Cek keadaan monitor dengan mengatur fungsi2 pada menu display-nya (usahakan yang masih baik). Juga warna dan tingkat kejelasan display gambar monitor (focus) pada setingan standart (belum dirubah-rubah). Usahakan memilih yang tingkat resolusinya tinggi. Juga perhatikan tabungnya harus bebas dari goresan atau lecet.
  3. Perhatikan kelengkapan assesorisnya, baik kabel2, tombol2 yg masih utuh, casing monitor yg masih bagus atau tidak kuning2, driver monitor (biasanya hanya merk2 terkenal saja yg menyediakan driver monitor, seperti GTC, Sony, Samsung, IBM, Dell, Viewsonic, dll).
  4. Pastikan pada saat masuk ke system OS Windows monitor menampilkan gambar yang bersih dan bagus tanpa ada garis-garis atau dominiasi warna-warna tertentu.
  5. Apabila semua kondisi di atas telah memenuhi syarat, maka dapat dinyatakan monitor dalam kondisi yang baik.

6. Meminta Jaminan Garansi pada setiap Item Hardware Sebaiknya meminta toko atau perorangan dari penjual PC bekas untuk memberikan jaminan garansi sebulan apabila terjadi kerusakan atau apabila terjadi ketidak sesuaian terhadap setiap item hardware yang telah ditawarkan. Waktu sebulan ini cukup bagi pembeli PC bekas untuk melakukan tes pada setiap item hardware sesuai dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

7. Meminta Jaminan Kemudahan dalam Menukar barang. Pastikan toko atau perorangan tempat membeli PC bekas tersebut memberikan jaminan kemudahan untuk menukar atau mengembalikan budget apabila terjadi kerusakan atau ketidak sesuaian terhadap setiap item hardware minimal dalam jangka waktu 1 bulan.

Penyesuaian terhadap kebutuhan kerja terhadap sebuah PC dan budget yang tersedia merupakan faktor utama dalam menentukan pilihan membeli sebuah PC dengan performance kelas tertentu. Kebutuhan spek hardware performan tinggi membutuhkan nilai anggaran budget yang tinggi untuk membeli sebuah PC baru, tetapi biasanya dapat juga dengan budget yang standart untuk membeli sebuah PC dengan performance tinggi, yaitu dengan cara membeli sebuah PC bekas. Tetapi membeli sebuah PC tidak semudah membeli pakaianyang apabila sudah pas dan suka langsung bisa dibeli tanpa harus memperhitungkan garansi dan umur dari apa yang sudah dibeli.

Untuk membeli sebuah PC baru atau bekas memerlukan pengetahuan dan kepintaran tersendiri dalam menentukan pilihan merk dan kualitas jaminan serta umurdari setiap hardware yang akan dibeli. Berikut beberapa panduan dan tip dalam membeli sebuah PC baru :

Buatlah catatan list 5 sampai 10 lembar yang bisa diliat dan diperoleh dari tabloid atau majalah komputer untuk menentukan beberapa spek hardware yang dibutuhkan dengan kapasitas dan merk yang diingikan, misalnya untuk membuat spek hardware Intel dual core 2.8 Ghz, sebagai berikut;

Item Hardware Jenis & Merk Harga (di isi oleh toko)
Prosesor INTEL LGA 775 – D 820 – 2.8 GHz dual core Rp……………………
Motherboard ASUS P5B Deluxe

Intel 965, FSB 1066, PCIe 16X, Audio 7.1 channel, GigabitLAN 10/100/1000, Dual DDR2 800/667, WiFi, Firewire, 6 SATA-II, 3 PCI, 8 USB 2.0, ATX

Rp……………………
Memory KINGSTON DDR2-667 1Gb. Rp……………………
GPU ASUS EAX 1600 PRO/I/256M
Radeon X1600Pro, 256Mb, 128bit, DVI-I, TV-out
Rp……………………
Harddisk Seagate 160Gb SATA-II Rp……………………
DVD room Samsung DVD RW 24x Rp……………………
Monitor LCD Samsung 17” Rp……………………
Chasing Simbada 480 watt Rp……………………
Speaker Aktive Sonic Gear Rp……………………
Keyboard & Mouse PS / 2 Standart Rp……………
  1. Menyebarkan List Item Hardware ke beberapa Toko PC

Setelah spek hardware yang diingkan telah dibuat dan disalin menjadi 5 sampai 10 lembar, maka saatnya mendatangi beberapa toko komputer untuk menyerahkan listitem hardware yang telah di buat tersebut dan biarkan pegawai toko mengisi daftar harga pada list tersebut.

2. Menentukan Toko Untuk Membeli Item Hardware Termurah

Bisanya setiap toko memberikan harga bisa berbeda-beda terhadap beberapa item hardware yang telah ditentukan. Untuk itu pastikan menentukan toko yang memberikan harga termurah dari setiap item hardware yang ada pada list. Misalkan pada toko “A” memberikan harga prosesor & Motherborad termurah dibandingkan dengan toko yang lain, maka sebaiknya membeli prosesor & Motherboard  pada toko “A”, sedangakan untuk toko “B” memberikan harga Harddisk dan memoryyang paling murah, maka sebaiknya membeli harddisk dan memory pada toko “B”, dan selanjutnya belanja pada toko yang memberikan harga item hardware lainnya yang termurah.

3. Pastikan Jaminan Kualitas pada Setiap Item Barang

Jangan membeli barang asal murah tapi tidak memperhatikan kualitas dan keaslian dari barang tersebut, karena terdapat beberapa toko berani memberikan harga murah tetapi memberikan kondisi barang yang tidak terjamin kualitasnya. Jadi pastikan pada setiap barang yang di beli masih dalam kondisi bagus di dalam kardus dan terdapat segel dari setiap produsen yang mengeluarkan barang tersebut. Misalnya membeli prosesor harus yang masih ada di dalam kardus dengan terdapat segel dari Intel.

4. Pastikan Jaminan Garansi pada Setiap Item Barang

Jaminan garansi terhadap setiap item barang merupakan hal terpenting yang harus didapat dan dipastikan karena setiap barang elektronik sangat rentan untuk mudah rusak apabila tidak dijaga dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Jadi pastikan terdapat label garansi minimal 1 tahun pada setiapitem barang yang sudah di beli.

5. Pastikan Jaminan Kemudahan Untuk Menukar setiap Item Barang

Walaupun setiap toko menyediakan garansi sesuai dengan produknya masing2, namun ternyata masih juga banyak toko yang menyulitkan pembeli dalam menukar barang, apalagi jika pembeli masih pembeli awam, kadang2 malah tertipu atau ditipu. Jadi pastikan dan mintalah catatan pada bon pembelianyang menyatakan barang bisa di tukar kalau rusak atau tidak support untuk digunakan dengan hardware yang lainnya.

Jan 10 |20:41

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih spek sebuah PC untuk kebutuhan bisnis besar, bisnis standart dan bisnis kecil atau perorangan, misalnya kapasitas penyimpanan, performan, dan kemampuan grafis. Tetapi untuk menyesuaikannya harus terlebih dahulu mengetahui beban kerja PCyang akan digunakan. Contohnya; jika memilih sebuah PC untuk seorang administrasi tidak diperlukan sebuah spek komputer dengan performan yang tinggi dan komponen tambahan, seperti drive DVD, kemampuan grafis yang tinggi dan sound card.

Tetapi beda dengan seorang tenaga design grafis atau animator dan seorang gamers yang pasti membutuhkan spek komputer dengan performan yang tinggi dengan kapasitas memori yang besar, kemampuan grafis card yang tinggi dan kebutuhan multimedia yang menunjang pekerjaan grafis dan permainan game yang sudah menggunakan standart 3 dimensi saat ini. Agar pengguna komputer tidak melakukan kesalahan dan kerugian dalam pembelian komputer, karena komponen-koponen komputer yang telah dipilih dan dibeli tidak sesuai dengan beban kerja sebuah komputer, maka penulis memberikan beberapa tip yang bisa menjadi panduan untuk membeli dan memilih komponen-komponen komputer yang sesuai dengankebutuhan;

  1. Sesuaikan konfigurasi komponen PC dengan kebutuhan perusahaan atau perorangan. jika hanya berpatokan pada harga, mungkin PC tak mampu mengerjakan tugas dengan baik sesuai beban pekerjaanyang dilakukan komputer.
  2. Sisahkan ruang dalam casing PC untuk ekspansi suatu saat nanti, karena pasti akan membutuhkan tambahan memori atau drive optik dan peralatan tambahan lainnya.
  3. Semakin besar kapasitas harddisk maka semakin baik. Tetapi akan mengeluarkan dana ekstra diawal, namun jika mencoba menghematnya maka suatu saat nanti mungkin anda akan menerima akibatnya. Karena semakin lama biasanya pengguna komputer selalu membutuhkan tambahan tempat untuk penyimpanan data, terutama harddisk ini.
  4. Jangan tertipu dengan penawaran software gratis. Karena mungkin hanya versi trial yang akan habis masa berlakunya setelah 60 hari. Jadi usahan menggunakan software-software original.
  5. Ketika meneliti harga sebuah PC, pastikan sudah termasuk membeli monitor. Karena jika belum, maka akan memerlukan dana tambahan lumayan lagi untuk membeli sebuah monitor. Hal ini biasanya cara yang digunakan oleh produsen-produsen komputer yang menawarkan CPU saja untuk menarik konsumen dengan harga yang terlihat relatif murah.
  6. Sebaiknya membeli sebuah PC dari manufaktur yang besar, meski lebih mahal, karena setidaknya ada jaminan perusahaan tersebut masih ada ketika membutuhkan pertolongan terhadap keluhan-keluhanyang terjaddi pada sebuah PC yang telah dibeli pada manifaktur tersebut.
  7. Pertimbangkan garansi on-site, dimana mereka bersedia datang ke tempat bila terjadi permasalah terhadap sebuah PC yang sudah dibeli oleh pengguna komputer.cara ini sangat mnguntungkan untuk perusahaan kecil yang tidak mempunyai tenaga ahli IT, atau perorangan yang masih awam terhadap komponen-komponen komputer.
  8. Jika terjadi keterbatasan dana, maka pertimbangkan untuk menggunakan paket finansial yang ditawarkan oleh para produsen.
  9. Evaluasi luas ruangan kerja untuk meletakkan sebuah PC sebelum membeli. Pada PC memiliki beberapa ukuran form factor, bahkan adayang didesain khusus untuk ruangan yang sangat sempit. Hal ini akan berpengaruh pada aktivitas kerja.
  10. Usahakan benar-benar susuaikan kebutuhan komputer dengan beban kerja yang akan diterima oleh sebuah PC, jangan memilih PC dengan performan tinggi namun hanya digunakan untuk pekerjaan administrasi biasa saja dan sebaliknya.
  • Berikut klasifikasi kelas PC menurut beban kerja dan penggunanya;

Disini penulis membagi klasifikasi jenis PC menjadi 3 kelas menurut beban kerja yang dilakukan oleh para pengguna PC, yaitu;

1. Kelas High Performance

PC jenis ini yang pasti menggunakan komponen-komponen yang relatif tinggi dan mahal karena akan digunakan untuk pekerjaan multimedia dan para gamers yang berbasis 3 dimesi.

Jenis pekerjaan Ya / Tidak
E-mail Ya
Mengetik & Perhitungan Ya
Browsing Internet Ya
Programming Ya
Dengar musik & Nonton Film Ya
Edit Video & Audio Ya
Game 3 Dimensi Ya
Rendering Video & gambar Ya
Jaringan / LAN Ya
  • Jadi spesifikasi komponen PC yang dipilih sebaiknya;

Menggunakan PC jenis Intel Core 2 Duo atau AMD Atlhon 64 X2 keatas, dengan feature komponenny sebagai berikut;

Koponen PC Keterangan Feature
Motherboard
  • Gunakan FSB minimal 1066 MHz.
  • Intel socket LGA775 Support untuk Core 2 core dan Eextreme Quad-core.
  • AMD socket AM2 support  AMD Atlhon 64 X2 dan Atlhon FX.
  • Support;
  • PCI-Express x-16, interface SATA II 300, DDR2 Dual channel, RAID, USB 2.0, Audio, S/P DIF, Firewire, & Gbe NIC
Prosesor
  • Dual Core processor
  • Clock Speed minimal 2.2 GHz.
  • L2 Cache minimal 2 Mb.
  • FSB minimal 1066 MHz.
  • Untuk Intel Support socket LGA775.
  • Untuk AMD Support socket AM2.
Video Card / VGA Card
  • Memory minimal DDR2  512 MB.
  • Include Dual DVI, TV-Out, & PCIe     x 16.
Memory / RAM
  • Minimal DDR2 PC2-6400.
  • Minmal kapasitas memory 1Gb.
Harddisk
  • Minimal kapasitas 160 Gb.
  • Gunakan interface SATA II
  • Gunakan harddisk 7200 rpm.
  • Minimal 8MB Cache.
Optical Drive
  • Menggunakan Dual layar.
  • Interface SATA or black IDE.
  • Kemampuan 18x  DVD±R, 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 48x CD-R, 24x CD-RW.
Monitor
  • Gunakan monitor CRT layar datar atau LCD minimal 17”.
Casing
  • ATX minimal 450 Watt + minimal 5 fan
Speaker
  • Minimal 2.1 multimedia speaker system – 1160 PMPO.
Operation system
  • Windows Vista atau Windows XP

2. Kelas Medium Performance

Kelas performance ini basanya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahan besar dan menengah untuk peonglahan data kerjanya. Perusahaan-perusahaan IT Programming banyak menggunakan dan memanfaatkan kinerja PC jenis ini dalam membantu aktivitas kerjanya. Atau bisa juga digunakan oleh peroranganyang punya hoby design standard dan gamers standart yang tidak membutuhkan kategori spek PC yang High-Tech.

Jenis pekerjaan Ya / Tidak
E-mail Ya
Mengetik & Perhitungan Ya
Browsing Internet Ya
Programing Ya
Dengar musik & Nonton Film Ya
Edit Video & Audio Tidak
Game 3 Dimensi Tidak
Rendering Video & gambar Tidak
Jaringan / LAN Ya
  • Jadi spesifikasi komponen PC yang dipilih sebaiknya;

Menggunakan minimal PC jenis Intel Pentium D & 4 atau AMD Atlhon 64, dengan feature komponenny sebagai berikut;

Koponen PC Keterangan Feature
Motherboard
  • Gunakan FSB 800 MHz.
  • Intel Hyeper-Threading atau AMD Hyper-Tranport.
  • Support;
  • AGP 8x VGA atau PCIe x 16, interface SATA 150, DDR2 533, Dual channel, USB 2.0, Audio & GbE.
Prosesor
  • Clock Speed minimal 1.8 GHz.
  • L2 Cache  2x 1 Mb.
  • FSB 800 MHz.
  • Untuk Intel Support socket LGA775.
  • Untuk AMD Support socket AM2.
Video Card / VGA Card
  • Memory minimal DDR2  256 MB.
  • Include Dual DVI atau VGA, TV-Out, & PCIe x 16 atau AGP 8x.
Memory / RAM
  • Minimal DDR2 PC-4200.
  • Minmal kapasitas memory 512Gb.
Harddisk
  • Minimal kapasitas 120 Gb.
  • Gunakan interface ATA II atau SATA  150
  • Gunakan harddisk 7200 rpm.
  • Minimal 2MB Cache.
Optical Drive
  • Menggunakan Dual layar.
  • Interface SATA or black IDE.
  • Kemampuan 16x  DVD±R, 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 48x CD-R, 24x CD-RW.
Monitor
  • Gunakan monitor CRT layar datar atau LCD minimal 15”.
Casing
  • ATX 450 Watt + minimal 4Fan
Speaker
  • Minimal 2.1 multimedia speaker system – standart.
Operation System
  • Windows XP atau Windows Vista

3. Kelas Basic Performance

Kelas Basic performance sering juga disebuat sebagai komputer standart dan biasanya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahan kecil untuk kepentingan administrasi dan perorangan yang hanya digunakan untuk pengetikan serta perhitungan standart saja.tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh seorang programingyang menggunakan aplikasi-aplikasi yang standart, serta game-game yang standart atau low

Jenis pekerjaan Ya / Tidak
E-mail Ya
Mengetik & Perhitungan Ya
Browsing Internet Ya
Programing Ya
Dengar musik & Nonton Film Ya
Edit Video & Audio Tidak
Game 3 Dimensi Tidak
Rendering Video & gambar Tidak
Jaringan / LAN Ya
  • Jadi spesifikasi komponen PC yang dipilih sebaiknya;

Menggunakan minimal PC jenis Intel Celeron atau AMD Sempron, dengan feature komponenny sebagai berikut;

Koponen PC Keterangan Feature
Motherboard
  • Gunakan FSB 800 MHz .
  • Intel Hyeper-Threading atau AMD Hyper-Tranport.
  • Support;
  • AGP 8x VGA atau PCIe x 16, interface SATA 150, DDR2 533, Dual channel, USB 2.0, Audio & GbE.
Prosesor
  • Clock Speed minimal 2.53 GHz.
  • L2 Cache  256 Mb.
  • FSB 533 MHz.
  • Untuk Intel Support socket LGA775.
  • Untuk AMD Support socket AM2.
Video Card / VGA Card
  • AGP 4x VGA on board
Memory / RAM
  • Minimal DDR PC-3200.
  • Minimal kapasitas memory 256 Gb.
Harddisk
  • Minimal kapasitas 80 Gb.
  • Gunakan interface ATA II
  • Gunakan harddisk 7200 rpm.
Optical Drive
  • Menggunakan DVD Dual layar.
  • Interface SATA or black IDE.
  • Kemampuan 16x  DVD±R, 8x DVD+RW, 6x DVD-RW, 48x CD-R, 24x CD-RW.
Monitor
  • Gunakan monitor CRT layar datar atau LCD minimal 15”.
Chasing
  • Standar ATX  350 Watt.
Speaker
  • Speaker aktif standart
Operation System
  • Windows Me atau Windows Xp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

kalender

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: