Ysfksh's Blog

keajaiban air

Posted on: September 11, 2009

Air memang mempunyai fungsi yang sangat vital bagi kehidaupan mahkuk hidup yang ada di muka bumi. Maka berbahagialah bagi kita yang memiliki sumber daya air yang melimpah. Sebagai rasa syukur itu, kita dituntut untuk memanfaatkan dan menjaga kelangsungan air secara bijaksana.

Jangan buang sampah di sembarang tempat, apalagi membuang sampah di sungai. Ini salah satu langkah paling ringan untuk menjaga anugerah Allah SWT atas air.

Salah satu keajaiban air yang ditunjukkan dalam acaranya Mas Wahyu di atas adalah sebuah bukti nyata dari penelitian yang dilakukan oleh seorang professor di Universitas Yokohama Jepang, Dr. Masaru Emoto. Dr. Masaru mengambil sampel air murni dari mata air di pulau Honshu yang kemudian air tersebut didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai minus 5 derajat Celcius di laboratorium. Setelah difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi, hasilnya sungguh menakjubkan…molekul air tadi membentuk kristal segi enam yang indah.

Dr. Masaru mengambil dua media air yang menjadi obyek penelitian sebagai pembading satu dengan yang lainnya. Air yang pertama diberikan stimulus menggunakan cara lisan, yakni ditambahkan dengan kata-kata yang jelek-jelek untuk mengethui perubahan karakter air. Sedangkan, air yang kedua dilakukan cara yang sama, cuma berbeda, yakni diberikan kata-kata yang baik maupun do’a-do’a sesuai dalam ajaran Islam.

Hasilnya sungguh luar biasa, meski tidak terlihat secara kasat mata. Melalui kaca pembesar mikroskop, terlihat sangat jelas struktur air yang bertolak belakang dari dua media penelitian tadi. Air pertama memiliki struktur yang tidak beraturan dengan warna yang sangat suram kecoklat-coklatan.

Dan, subhanallah, air yang kedua yang dimasukkan kata-kata yang mempunyai makna bagus-bagus terlihat dengan jelas memiliki stuktur segi enam yang teratur. Warnanya pun putih cemerlang laksana batu pualam. Di kalangan penggiat dzikir, air ini biasanya disebut dengan air hijib.Dan fenomena keajaiban struktur air ini dibenarkan oleh Supardi, PhD, seorang peneliti dari Institut Teknologi Bandung.

Nah, ini yang lebih heboh lagi. Dalam segmen akhir Mas Wahyu berkunjung ke laboratorium di rumah milik seorang muslim, Dicky Zainal Arifin. Mas Dicky ini terinspirasi oleh salah satu ayat di Qur’an Surat Al Waqiah:68 yang berbunyi, “… dan tidakkah kamu perhatikan air yang kamu minum.”

Berangkat dari sinilah, Mas Dicky membuat percobaan-percobaan. Menurut air itu memiliki kode kimia, H2O. “Air memiliki dua unsur penting, yakni hidrogen dan oksigen. Hidrogen inilah yang bisa dibakar,” sebut Mas Dicky.

Teknik percobaan yang dilakukan Mas Dicky adalah memasukkan 1 liter ke dalam tabung khusus dan dicampur dengan soda kue. Untuk memisahkan kedua unsur air, Mas Dicky telah membuat alat pemecah atau pengurai unsur air dalam bentuk tabung kecil yang disambungkan dengan media penyalur panas. Tidak memerlukan waktu lama, proses penguraian air tersebut menghasilkan energi yang lantas disalurkan dalam sebuah alat las.

Treng..teng! Alat las itu sungguh bisa memancarkan api berwarna biru bersih yang bisa membakar kertas. Mas Wahyu pun bertanya,”Dari 1 liter air ini berapa lama api bisa menyala?” Mas Dicky menjawab dengan api kecil yang keluar dari alat kecil ini bisa bertahan hingga 2 hari!

Arti pentingnya, Mas Dicky ini sudah menunjukkan bahwa air sesungguhnya memang benar-benar bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif yang murah meriah.

Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

kalender

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: